MUSIM ANGIN BARAT IKAN LAUT HARGANYA MAHAL

Untuk saat-saat ini para nelayan dengan sangat terpaksa harus rela untuk tidak melaut dahulu, karena saat ini lagi musim angin barat, angin yang datangnya dari arah barat kepulauan indonesia.  Angin barat mempunyai spesifikasi khusus seperti kecepatan anginnya sangat kencang antara 80 ~ 120 Km/jam, kalau angin barat sedang melanda daerah saya, suara yang ditimbulkan terdengar sangat menakutkan sekali .

Pada saat seperti inilah nelayan mengalami istirahat total tidak bisa melaut untuk menangkap ikan laut, padahal itulah sebenarnya pekerjaan mereka, kalau mereka tidak melaut berarti tidak dapat ikan laut, berarti pula tidak dapat uang.  Kalau para nelayan tidak melaut berarti pula kegiatan perekonomian pasar ikan juga akan berhenti yang berakibat ikan laut harganya mahal .


Karena lagi musim angin barat para nelayan yang ada didaerah pantai barat pulau sumatera, pulau jawa tidak bisa melaut, berarti pasokan ikan laut dipasar-pasar menjadi sangat langka, kalaupun seandainya ada harganya mahal .


Ikan lautpun susah untuk ditangkap, dikarenakan gelombang laut pada permukaan air itu lumayan tinggi, arus air yang mengalir dibawahnya juga sangat deras sekali, sehingga banyak ikan-ikan laut yang pergi berimigrasi ke tempat yang aman, yang jauh dari bahaya angin barat, gelombang besar,arus deras, hujan dan petir .



Biasanya ikan-ikan laut akan berlindung didaerah yang aman dari terpaan angin barat seperti di teluk-teluk yang dalam dan gugusan pulau-pulau kecil yang ada disekitarnya.  Dan juga ikan-ikan laut akan mencari daerah yang suhu air permukaannya antara 28 ~ 31 derajat celcius yang aman untuk mencari makan .


Suhu seperti itu biasanya banyak ditemui pada daerah sekitar teluk dalam dan pulau-pulau kecil yang ada disekitarnya.  Sebenarnya walaupun sekarang lagi musim angin barat, para nelayan masih bisa menangkap ikan laut, caranya ialah dengan mengambil waktu jeda bertiupnya angin barat pada waktu-waktu tertentu .


Karena angin barat tidak setiap hari itu penuh bertiup sepanjang 24 jam, angin barat tersebut  hanya bertiup pada waktu-waktu tertentu yang susah ditebak keberadaan waktunya.  Disinilah hampir semua nelayan takut untuk melaut, apalagi jarak tempuh untuk menangkap ikan laut itu jaraknya cukup jauh .


Memang itu sangatlah beralasan bagi semua nelayan demi keamanannya, siapa tahu kita sedang melaut menangkap ikan, tahu-tahu datang tanda-tanda akan datangnya badai angin barat yang berombak besar sudah terkenal sangat menggila itu kita tidak sempat lagi untuk menyelamatkan diri untuk mencapai daratan pantai .


Karena banyaknya halang rintang yang dihadapi oleh para nelayan kita dilaut, sehingga menyulitkan nelayan untuk menangkap ikan laut dan selanjutnya berimbas pada sektor  perikanan  laut , yang menyebabkan jalannya perekonomian perikanan laut sedikit terganggu .


Harga-harga ikan laut menjadi sangat mahal, harganya bisa melonjak sangat tajam sekali, seperti umpamanya harga ikan kembung pada keadaan normal saja sekarang harganya per kilogramnya Rp 25,000,-  kalau lagi musim angin barat atau badai angin barat seperti ini harganya bisa mencapai dua kali lipat menjadi Rp 50,000,- s/d  Rp60,000,- per kilogramnya .


Mudah-mudahan musim badai angin barat sekarang ini segera cepat berakhir, kasihan para nelayan kita yang hidupnya banyak mengalami kepahitan dari pada manisnya, marilah kita semua mendo'akan para nelayan kita semoga hidupnya bisa setaraf dengan yang lainnya .




Penulis  :  Sarwing Suryanto  _  Blogger  blogspot . com
website  http://kubangsepat35.blogspot.com/

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...