BINATANG PEMANGSA IKAN

Binatang pemangsa ikan, jenis binatang pemangsa ikan adalah beruang, berang-berang, ular, burung elang, burung bangau, buaya, kucing hutan, kadang juga harimau. Darimana para binatang pemangsa ikan ini untuk mendapatkan ikan sebagai santapan untuk sarapan paginya.  Karena semua binatang yang saya sebutkan ini adalah binatang yang hidupnya atau habitatnya ada didaerah hutan subtropis maupun hutan tropis.  Seperti yang banyak terdapat pada daerah hutan amazon, hutan kalimantan, hutan sumatera, hutan papua dan hutan afrika .



Sedangkan binatang pemangsa ikan sejati itu cuma beruang dan berang-berang. Dimana terdapat air, kalau itu didaerah hutan biasanya banyak dihuni oleh ikan-ikan liar yang datangnya entah darimana, itu terjadi akibat dari musim hujan dengan tingkat curah hujan yang cukup tinggi, sehingga daerah tersebut menjadi genangan air yang cukup luas . Didaerah itu banyak air dan banyak ikan juga pastinya tidak ketinggalan disitu pasti ada berang-berang .



Dari genangan air yang melebar kemana-mana ini, menjadikan daerah tersebut bak sebuah kolam raksasa atau disebut rawa hutan tropis.  Biasanya daerah seperti ini terjadi pada daerah hutan tropis dengan level ketinggian rendah atau dataran rendah. Air yang datang dari atas pegunungan dataran tinggi akan membawanya turun, melalui sungai-sungai yang ada dibawahnya sehingga menjadikan sungai itu meluap akibat dari beban kapasitas daya tampung air yang melebihi .


Akibat dari limpahan air yang banyak menjadikan daerah tersebut sebuah rawa-rawa dengan air yang tenang, sehingga membuat ikan-ikan mencari perlindungan yang aman pada daerah genangan tersebut, maka lama-kelamaan ikan-ikan itu akan berkembangbiak menjadi semakin banyak.  Kalau suatu daerah perairan baik itu didarat maupun dilaut, kalau didaerah tersebut banyak sekali dihuni oleh ikan, daerah tersebut akan mengeluarkan bau yang sangat amis yang menyebar sampai cukup jauh.


Hal seperti ini akan mengundang para predator sejati yang akan mendatangai tempat tersebut untuk mencari santapan buat mengisi perutnya yang kelaparan. Semua predator akan datang dalam jumlah yang banyak, seperti berang-berang, beruang, burung bangau, burung elang, ular dan buaya.  Dan daerah itu akan menjadi suatu daerah habitat semua binatang pemangsa ikan menjadi ramai sekali .

Ikan-ikan yang mendiami rawa-rawa hutan itu tidak menyadari kalau bahaya sedang mengancamnya, baik itu bahaya ancaman dari dalam air seperti berang-berang, ular dan buaya. Sedangkan bahaya yang mengancam dari permukaan air adalah beruang, burung elang, burung bangau atau terkadang oleh kucing hutan dan harimau .


Inilah yang disebut sebuah ekosistem alam yang sempurna, tidak ada campur tangan manusia, semua dikendalikan oleh alam itu sendiri.  Jadi janganlah kita mencoba ikut-ikutan untuk mengaturnya, kalau kita ikut mengaturnya belum tentu akan menjadi lebih baik, justru kerusakan yang akan ditimbulkan, karena kebanyakan manusia itu masih menyimpan sifat rakus, serakah yang lebih besar daripada hewan .


Ingatlah pepatah " Manusia itu bisa lebih buruk daripada setan dan manusia bisa lebih baik daripada malaikat " yah semua itu tergantung dari pribadinya masing-masing .


Ini gambar dari seekor berang-berang air, yang sepertinya sudah selesai menjalankan misi mencari ikan disungai, dia tertangkap oleh kamera team arkive ekspedisi, yang sedang menjalankan tugas untuk mendata spesies animal baru.  Tapi malang berang-berang ini tidak tahu kalau dirinya sedang diawasi oleh kamera, maka jadilah gambar seperti ini .

Berang-berang air merupakan predator ikan sejati, karena ikan merupakan bahan makanan pokoknya.  Jadi hari-harinya berang-berang air itu tiada lain hanya mencari ikan dimana ikan itu berada. Walaupun itu jauh tempatnya, maka berang-berang air akan mendatanginya bersama pasukan tempurnya yang terkenal sangat handal dalam berburu ikan, baik itu disungai, rawa-rawa, danau, tambak ikan atau mungkin kolam ikan anda tanpa anda sadari .


Ikan arwana besar ini ditangkap didalam perairan atau sungai yang ada jauh dari pusat keramaian manusia, ikan seperti ini bisa dijumpai pada daerah sungai-sungai yang ada dipedalaman hutan tropis maupun subtropis, yang jarang dijamah oleh manusia.

Coba anda lihat gambar yang ada disebelah kiri ini dan anda perhatikan dengan baik-baik, kira-kira menurut anda ikan arwana besar ini, ditangkap didaerah mana..?, apakah jawaban anda akan berbunyi seperti ini  :
  • Ikan itu ditangkap didalam sebuah kolam budidaya pemeliharaan arwana .
  • Ikan itu ditangkap disebuah sungai yang airnya tidak begitu dalam .
  • Atau itu ikan pemeliharaan disebuah kolam pribadi .
Anda semua pemirsa atau pengunjung kubangsepat35 yang setia, anda saya persilahkan untuk memberikan komentarnya dibawah ini .

  
Dan ini adalah predator kedua yang sangat ganas tak pernah punya rasa belas kasihan terhadap mangsanya, dia mendapat julukan beruang merah atau beruang coklat yang terkenal sangat piawai dalam menangkap ikan, terutama ikan salmon yang menjadi favorit makanannya pada saat musim kawin ikan salmon yang akan membanjiri sungai-sungai tempat ikan salmon kawin dan menetaskan telurnya .

Kenapa beruang itu dikatakan predator kedua, karena beruang juga masih suka berburu binatang darat lainnya juga madu tawon yang banyak terdapat didalam hutan.  Sedangkan habitat sesungguhnya beruang itu ada didalam hutan untuk mencari madu, karena madu itu adalah makanan favorit kesukaannya beruang disamping daging dan ikan .


Burung bangau juga merupakan ancaman bahaya yang nyata buat koloni ikan-ikan yang berenang pada permukaan air, tanpa sepengetahuan ikan dari udara burung bangau selalu memasang kamera pembidik sasarannya dengan kamera mata tajamnya, apabila dirasa sudah cukup jelas sasarannya maka dikuncilah sasaran tersebut .

Dengan berbagai manuver yang dibuatnya maka mulailah untuk mendekati sasaran dari arah belakangnya, setelah itu penyergapan langsung dilakukan dari arah belakang dengan tidak menimbulkan suara dan begitu jarak tembak efektif sudah dapat dijangkau, maka langsung menukik tajam dan jjuubb...bbyyuuurrr..!!!, sasaran sudah terkena dalam genggaman mulutnya .


Bagaimana menurut anda untuk yang satu ini...?, apakah juga bisa dikatakan predator...?, wao...! itu dia adalah predator sejati, predator multi role ( predator segala cuaca, segala macam sasaran) dengan perangkat teknologi tinggi yang ada padanya membuat burung elang menjadi sebuah simbol untuk sebuah teknologi tinggi.  Perlengkapan teknologi untuk memburu mangsanya cukup disegani, apalagi ditambah dengan manuver akrobat udaranya yang spektakuler menjadikannya sebuah julukan pemburu udara yang sangat handal .


Teknologi tingginya terletak pada mata, paruh dan kukunya.  Matanya sangat tajam sekali, dapat melihat mangsa sasaran dari ketinggian dan jarak yang cukup jauh hingga bermile-mile, mungkin mata burung elang itu terbuat dari lensa kamera carl zeis yang sudah termasyhur itu .


Paruh yang melengkung kebawah seperti sebuah mata kail yang sangat tajam, yang dapat mengoyak-ngoyak tubuh mangsanya hingga hancur berkeping-keping.  Kukunya juga lebih tajam lagi dibandingkan dengan paruhnya, ibarat sebuah rudal pemburu udara ke permukaan yang sangat mematikan .


Karena dengan sekali cengkeraman saja tubuh mangsanya akan langsung terkoyak dan membuat luka yang dalam juga membuat pendarahan yang sangat parah, sehingga bisa mematikan mangsanya .


No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...