Burung Kepodang, Sarang dan Anak-anaknya

Burung kepodang adalah termasuk jenis atau tipe burung kicauan yang banyak diburu dialam habitat aslinya, burung kepodang kalau sedang bernyanyi suaranya sangat keras merdu dan indah, ada sedikit kelucuan kalau diamati bunyi suaranya oleh pendengaran kita .

Burung kepodang kalau masih ada dialam habitat aslinya memiliki suara yang indah, merdu dan keras.  Lain lagi kalau burung kepodang ini sudah ditangkarkan oleh para maniak burung kicau, tingkat ketinggian suaranya agak sedikit menurun .


Mungkin ini disebabkan oleh ketidak bebasan burung kepodang tersebut dalam aktivitas didalam ruang tangkarnya, semua makhluk kalau mengalami ketidak bebasan didalam penangkaran sedikit atau banyak pasti mengalami stressing atau tekanan .



Burung kepodang dalam bertelur untuk satu kali musim kawin itu mempunyai telur paling banyak hanya 5(lima) buah telur saja. Terkadang burung kepodang hanya bertelur 2 atau 3 buah telur saja, telur tersebut akan dierami selama 21 hari sampai telur tersebut menetas .


Induk betina dan jantan burung kepodang akan menjaga, mengasuh dan memelihara anak-anaknya sampai tumbuh besar untuk dilepas ke alam bebas.  Dalam mengasuh dan memberikan makanannya, induk betina dan jantan saling bergantian untuk mencarikan makanannya .





Sarang burung kepodang untuk sekarang ini sudah sangat jarang diketemukan disekitar pemukiman penduduk, kalaupun ada biasanya burung kepodang aikan menaruh sarangnya pada pohon yang tumbuh tinggi yang susah dijangkau oleh binatang lainnya dan manusia .

Kecuali didaerah padang gurun savana yang jarang pohon-pohon yang tumbuh tinggi besar dan yang ada hanyalah tanaman perdu atau tanaman buah yang pohonnya tidak tinggi.  Barulah mungkin ditempat seperti ini burung kepodang akan membuat sarangnya dan membuat untuk keturunannya untuk masa yang akan datang .

Burung kepodang sebagai burung kicauan memang sudah tidak diragukan lagi suara kicauannya, mempunyai suara yang khas besar bergema dan tinggi, juga bunyi alunan suaranya mempunyai ciri khas lain daripada yang lainnya .

Sehingga untuk seekor burung kepodang yang sudah pandai bernyanyi mempunyai harga yang cukup tinggi, mulai dari harga ratusan ribu rupiah bahkan sampai jutaan rupiah .
Memang untuk sebuah hobi itu mempunyai nilai yang mahal, seperti hobi burung kicauan ini .




Penulis :  Sarwing Suryanto  _  blogger  blogspot.com
website   http://kubangsepat35.blogspot.com/

No comments:

Post a Comment

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...